Senin, 30 Januari 2012

cincin tunangan

Sepasang kekasih sebelum melangkah menuju perkawinan, biasanya akan melangsungkan acara tunangan lebih dahulu.

Acara tunangan biasanya diikuti dengan acara tukar cincin. Yang nantinya akan dicebut cincin tunangan.

Walaupun tidak sesakral cincin kawin, tapi cincin tunangan merupakan hal yang berharga bagi pasangan, terutama wanita.

Karena dengan adanya cicin tunangan di jari maniss melambangkan bahwa pasangan sudah diikat satu sama lain dan akan melanjutkan ke pernikahan.

Banyak yang mengatakan tujuan dipasangnya cincin tunangan di jari manis adalah untuk membuat ikatan yang sudah terjalain akan semakin erat dan tidak mudah di pisahkan.

Cincin sendiri sering menjadi ungkapan rasa kasih sayang dan cinta yang dimiliki oleh seseorang terhadapan pasangannya. Karena itulah dalam acara sakral sperti tunangan dan pernikahan diikuti dengan acara tukar cincin.

Baik cincin tunangan maupun cincin kawin seakan menjadi tanda pengukuhan dua hati yang menjalin hubungan.

Apalagi dalam sebuah tulisan hieroglif, lingkaran berarti keabadian. Dan secara fisilogi lingkaran merupakan lambang kelengkapan.

Sehingga cincin menjadi lembang keabadian dan kelengkapan sebuah cinta. Selain itu cincin juga berkaitan erat dengan keindahan. Keindahan yang mengikat ketulusan seorang wanita di jari manis.

Dalam kepercayaan Yunani Kuno juga disebutkan memakai cincin di jari manis akan mengalirkan energi positif pada pembuluh vena yang terdapat di jari itu ke jantung.

Itulah alasan kenapa wanita berdebar – debar ketika memakain cincin di jari manis. Apalagi cincin tunangan atau cincin kawin.(nn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar